Microsoft HoloLens, Apakah Itu?

Hololens itu kebalikan dari VR . . .maksudnya paan sih . .
klo VR itu membawa kita ke dunia virtual tetapi jika hololens itu membawa dunia virtual ke dunia nyata gmana tu?? makanya baca dlu biar gk bingung . .XD

Salah satu inovasi yang juga baru diperkenalkan Microsoft, yakni HoloLens. Apa itu?
Microsoft berbagi contoh revolusioner bagaimana Windows 10 memungkinkan pergeseran dari tampilan tradisional mesin-sentris dari komputasi menjadi interaksi yang jauh lebih pribadi dan humanistik. Sebagai platform komputasi hologram pertama di dunia, Windows 10 meliputi satu set API yang memungkinkan pengembang untuk menciptakan pengalaman hologram dunia secara nyata. Melalui Windows 10, hologram dapat menjadi aplikasi universal Windows, dan semua aplikasi universal Windows lainnya juga mampu bekerja sebagai hologram –hal yang memungkinkan pengguna untuk menempatkan hologram tiga dimensi dalam dunia nyata dan memungkinkan mereka untuk mendapatkan cara-cara baru dalam berkomunikasi, serta mengeksplorasi hal-hal yang lebih personal.
Untuk menampilkan kemungkinan penggunaan hologram pada Windows 10, Microsoft meluncurkan komputer hologram yang paling maju di dunia. Microsoft HoloLens adalah komputer hologram untethered pertama -tidak membutuhkan kabel, telepon,ataupun  koneksi ke PC. Microsoft HoloLens memiliki lensa high-definition see-through holographic dan suara spasial, yang memungkinkan pengguna untuk dapat melihat dan mendengar hologram di sekitar mereka.
Dilengkapi dengan sensor canggih, sistem generasi berikutnya yang ada pada chip dilengkapi dengan Holographic Processing Unit (HPU), yang memahami apa yang pengguna lakukan dan juga apa yang terjadi di sekitar pengguna. Microsoft HoloLens mampu mengolah data yang berkapasitas terabytes dari sensor yang dimilikinya secara real time, sambil beroperasi tanpa kabel.
Dengan menempatkan hologram tiga dimensi di dunia sekitar pengguna, Microsoft HoloLens memberikan tampilan baru dalam kehidupan pengguna yang dapat memberitahukan apa yang pengguna lihat dan memahami apa yangpengguna katakan melalui gerakan tangan serta suara. Dengan menempatkan pengguna sebagai pusat pengalaman komputasi, Microsoft HoloLens memungkinkan pengguna untuk membuat, mengakses informasi, menikmati hiburan, dan berkomunikasi dalam cara-cara baru yang menarik.

bagai mana HOLOLENS bekerja 
Keren kan? Tapi bagaimana HoloLens bisa bekerja? Ada banyak faktor yang dibutuhkan oleh perangkat ini. Salah satu yang paling penting adalah cara mereka menampilkan gambar tepat di depan mata si pengguna. Seperti perangkat elektronik pada umumnya, mereka menggunakan layar untuk melakukan pekerjaan ini. Namun layar yang digunakan bukanlah layar biasa. Layar yang digunakan disini adalah layar transparan yang berada di bagian dalam perangkat ini. Jadi, daripada menutupi lingkungan sekitar dengan layar, HoloLens menggunakan lingkungan sekitar tersebut dan menambah lapisan dimana gambar hologram tersebut berada. Layar transparan inilah yang membuat pengguna tetap bisa melihat apa yang ada dibaliknya.Tentu ada banyak lainnya selain layar transparan di HoloLens ini. Bagaimana cara mereka membuat objek yang ada bisa dilihat dari segala arah? Sensor yang terdapat di atas layar HoloLens adalah jawabannya. Perangkat ini memiliki beberapa sensor dan kamera di bagian depannya untuk memindai ruangan di sekitar anda dan mengumpulkan informasi yang ada sebanyak-banyaknya. Berdasarkan informasi dari sensor tersebut, HoloLens akan meletakkan objek dalam ruang 3D di dalamnya dan menampilkan gambar yang tepat berdasarkan posisi anda. Microsoft belum mengatakan secara detil apa sensor yang dipakai untuk memetakan ruangan sekitar, tapi kemungkinan besar sensor tersebut menggunakan kombinasi dari video dan infrared untuk memperkirakan jauh dekatnya tembok dan objek di sekitar pengguna. Sensor tersebut dapat melihat sebesar 120 derajat dan selain memindai ruangan di sekitar anda, sensor tersebut juga akan mendeteksi tangan anda untuk berinteraksi dengan apa yang ditampilkan oleh HoloLens.

Tentu saja, memindai ruangan dam gerak tangan tidaklah cukup. HoloLens juga harus mendeteksi gerak gerik kepala anda. Maka dari itu, HoloLens juga mempunyai accelerometer yang digunakan untuk mengetahui seberapa cepat kepala anda bergerak, gyroscope untuk mengetahui kemiringan dari kepala pengguna dan juga magnetometer untuk menjalankan kompas. Data-data tersebut kemudian dikombinasikan dan digunakan untuk mengetahui ruangan anda dan dimana kepala penggunan. Data-data yang diambil oleh HoloLens bisa dikatakan sangat banyak. Seseorang dari Microsoft mengatakan bahwa data yang diambil dari sensor-sensor tersebut bahkan mencapai skala terabyte. Angka tersebut jauh diatas angka maksimal dari ukuran yang bisa ditangani oleh perangkat mobile. Namun, hardware dari HoloLens ini tidak perlu untuk memproses data sebesar ini, karena adanya HPU, atau Holographic Processing Unit. Prosesor ini akan mengecilkan data-data dari sensor tadi menjadi potongan-potongan data yang jauh lebih kecil dan bisa ditangani oleh CPU dan GPU dari HoloLens. 


Merasa ada yang kurang? Tepat sekali. Hal tersebut adalah suara. HoloLens mempunyai speaker di sebelah kanan dan kirinya. Speaker ini tidak akan menutup suara sekitar anda seperti earphone biasanya. Mereka menggunakan suara binaural, yang adalah teknologi suara 3D untuk membuat suara yang ada terletak seperti bersumber dari objek yang ada di HoloLens. Jadi katakanlah anda membuat tv di tembok anda, ketika berputar suara dari tv itu akan terasa seperti dibelakang anda. Dan hal luar biasa lainnya adalah perangkat ini tidak butuh untuk dikoneksikan ke komputer atau apapun. Mereka sepenuhnya wireless dan semua yang ditampilkan oleh HoloLens diproses langsung dari hardwarenya. Bayangkan jika Anda bisa menampilkan ramalan cuaca, atau update dari media sosial anda, bahkan membuat hewan peliharaan hologram di rumah anda. 


Bahkan HoloLens tidak hanya digunakan di Bumi, namun juga di luar angkasa! NASA dan Microsoft sudah bekerja sama dalam proyek ini bahkan sebelum HoloLens diumumkan oleh Microsoft dan akan mengirimkan perangkat ini untuk dicoba di International Space Station. Namun, perangkat yang akan dikirim bukanlah HoloLens yang biasa, melainkan yang sudah dibuat khusus untuk penggunaan di luar angkasa, yang kemudian disebut Sidekick. Sidekick dikatakan akan menjadi cara baru untuk astronot berkomunikasi dengan Bumi. menggunakan fitur yang bisa dilihat dari video demo oleh Microsoft diatas, operatos di Bumi akan bisa melihat apa yang astronot di atas lihat secara real time dan bisa langsung membuat catatan di pandangan para astronot. NASA sebenarnya sudah mencoba mengirimkan dua perangkat Sidekick ke ISS lewat roket SpaceX bulan Juni kemarin. Namun sayang, roket tersebut meledak saat peluncurannya. Hal ini tentu saja tidak akan menghentikan NASA untuk mengirimkan Sidekick. Rencananya, mereka akan mencoba untuk mengirim Sidekick bulan Desember depan. Video di bawah adalah proses pencobaan yang telah dilakukan oleh NASA.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Microsoft HoloLens, Apakah Itu? "

Posting Komentar